0
Alhamdulillah Alhamdulillah kembali kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayahNya sehingga kita masih diberikan nikmat iman dan Islam yang berlimpah ruah. Kembali kita harus menjadi manusia yang lebih bersyukur, lebih baik dalam beribadah, bekerja, bermuamalah dengan sesama dan dalam hal apapun di kehidupan ini. Kali ini saya akan bercerita tentang kopdar Onein20 bersama pak Tommy Funz pada hari Sabtu, 28 Maret 2015 pukul 19.30 di mr-teto (tempat usahanya mas hendri: juragan sate dan soto). Beliau adalah seorang trainer, pakar personal branding (Mr. ANU), pakar marketing, pemilik usaha pabrik abon ikan tuna dari Kudus. Awalnya saya ragu untuk ikut kopdar ini karena capek setalah seharian dikantor kemudian mengantar teman dari Kebumen berkeliling Jogja. Suasana Jogja yang macet, panas menjadikan hari itu sangat melelahkan. Saya pun sudah berniat tidak akan ikut kopdar, namun tidak tahu kenapa hati terasa berat dan eman-eman untuk meninggalkan kopdar itu. Alhasil berangkatlah saya ke mr-teto.



Sesampainya disana saya bertemu mas Hendri, teman teman relawan onein20 dan Pak Tommy. He is very nice person. Ramah dan hangat menyambut semangat anak anak muda Jogja yang ingin menggali ilmu dengannya. Saya dan teman teman pun dibuat kagum olehnya, betapa keren ilmu dari beliau. Saya pun akan menyesal kalau saya tidak ikut kopdar ini, terimakasih ya Allah untuk selalu membimbing dan menggerakan hati agar selalu semangat untuk belajar. Pak Tommy, adalah asli orang Jogja, lulusan UPN, ekonomi pembangunan, beliau pernah bekerja di Bank Century, Indosat Jakarta bahkan pernah mengalami kejadian langsung demo demo di era 98 (era reformasi). Beliau juga pernah mempunyai bisnis lele di Jogja namun setelah itu beliau dikhianati oleh orang-orang kepercayaan beliau. Setelah itu melanglang buana barulah beliau menggeluti abon ikan tuna dan berhasil.



Berikut ini akan saya tuliskan beberapa ilmu yang saya dapatkan dari Pak Tommy Funz : 1. SMS Marketing datangi konter pulsa sekitar usaha kita kemudian catat/foto nomor nomor pembeli pulsa di konter tsb kemudian jadikan data base. SMS kan promosi tentang usaha kita. Mulai dari radius 2 km, 4 km dan seterusnya. Usahakan SMS yang simpel dan menarik. Contoh : bawa 30 orang makan disini, dapatkan potongan 30% dll. Gunakan radio untuk berkirim kirim salam walaupun sebenarnya ada modus didalamnya :D. Contoh : salam dari Dimas di Cilacap buat Ratih yang ada di Jogja, makasih untuk pizza mendoannya. Uenaak tenan! kalau ke Jogja lagi, wajib datang ke Raja Mendoan. Salam Sehat dan sukses selalu :) Gunakan fasilitas informasi di mall/tempat publik. Contoh : kepada rombongan study tour Raja Mendoan Jogja ditunggu di bus masing masing karena akan melanjutkan perjalanan berikutnya. Setidaknya nama brand kita akan disebut di seantero mall :D



2. Internet Marketing Tolak ukur apakah bisnis kita cocok untuk di online kan atau tidak itu bisa di lihat dari teratur dan ada tidaknya keyword usaha kita di 10 baris yang keluar ketika kita menuliskan keyword tersebut di google. Contoh ketika kita menuliskan kaos distro (spasi) kemudian kalimat kalimat sugesti pencarian muncul teratur dan 10 baris maka bisnis tersebut cocok di online kan. Kemudian contoh yang lain hati hati dalam penggunaan kata kata untuk web usaha kita. Contoh : antara keripik dan kripik, mana yang kita pilih ? Bisa dilihat di google, ketika kita menuliskan kata tersebut mana yang muncul teratur dalam 10 baris, itulah yang kita pilih. Setelah step 1, kita bisa mengecek kota mana saja yang bisa menjadi sasaran konsumen produk kita dengan menggunakan google trends (www.googletrends.com). Masukan key word pilih dalam 12 bulan terakhir dan biarkan google trends bekerja. Contoh: ketika kita mengetik kaos d, maka google trends akan memunculkan kota dan propinsi mana saja yang paling banyak menggunakan kata pencarian kaos . Bisa disimpulkan kota kota tersebut bisa dijadikan target potensial untuk usaha kita.



Kalau kita ingin kata : kaos distro jogja muncul menjadi kata-kata sugesti ketika orang menuliskannya di google kita bisa menuliskannya dengan cara : ketik “ kaos distro jogja (plus spasi) kemudian enter. Kemudian hapus dan lakukan hal tersebut 11 kali perhari selama 2 bulan. Hm, bisa dicoba nih, akan mudah sekali kalau kita punya banyak karyawan. Kalau tujuan kota usaha kita di Makassar misalnya, FB, twitter, BBM kita harus berteman dengan orang orang yang berasal dari Makassar pula. Untuk mendapatkan pin BB bisa menggunakan twitter dengan menuliskan pin bb Makassar di kotak pencarian. Maka akan ada banyak sekali pin bb yang muncul. Catat, invite dan promote usaha kita ! Kalau kita memakai instagram dan twitter, gunakan hastag yang popular dan dicari paling banyak oleh konsumen. Untuk mengetahui kata kata yang paling banyak dijadikan hastag bisa dicek di www.websta.me.com. Gunakan goo.gl untuk mempersingkat link yang kita promote. Lakukan pencarian goo.gl.com kemudian paste link yang akan kita promote(link web bisnis, iklan, artikel, dll) dan klik shorten kemudian akan muncuk link yang lebih pendek dari link asli kita dan siap untuk dipromosikan. Bisa juga melalui lmgtfy (Let Me Google That For You) . Bisa dicoba dan diterapkan. Tambahan : Kalau broadcast di BBM, jangan terlalu panjang, cukup be aware dengan kalimat teratas dan terbawah. Ajak konsumen untuk lebih mengkepoin bisnis kita. Kalau kita tidak hafal dengan pin bb kita, maka ketika ada yang meminta pin bb kita, kita tidak perlu untuk membuka di profil kita, namun cukup mengetikkan Mypin (plus spasi) maka pin bb kita akan muncul dan bisa langsung di kirimkan.



Beliau juga mengatakan bahwa karakteristik orang Indonesia itu yang pertama adalah KEPO, MALAS dan TIDAK SUKA RIBET. Pahami benar dan terapkan dengan bisnis kita. Tetap semangat, bekerja, berusaha, berdoa dan berserah kepadaNya. Diri ini semakin terbakar untuk menjadi business woman, dan semakin semangat untuk terus belajar. Semangat juga untuk kita yang masih merintis usaha, yuk sama sama menginspirasi dan mencari inspirasi. InsyaAllah Allah selalu memberikan jalan dan petunjukNya. Sekian review dari saya, semoga bermanfaat. Salam sukses dunia akhirat. Wassalam wr.wb :)

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan bijak!

 
Top