0
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Halo teman-teman pembaca, perkenalkan namaku Ratih Kartika. Ibu dua orang anak yang suka berbagi cerita lewat tulisan, konten video dan aksi sosial. Aku lahir di Cilacap, tapi hampir 11 tahun tinggal di Kota Istimewa Yogyakarta. Sekarang, aku dan keluarga kecilku telah pindah dan memulai petualangan baru di Bumi Raflesia Bengkulu.

Berikut ini beberapa kesibukankku selama di Jogja yang kubawa hingga ke Bengkulu.

Bersama Yasara Indonesia, yang kudirikan sejak 5 September 2015 di Yogyakarta, aku ingin mengajak lebih banyak orang untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan maupun terjun langsung ke lapangan untuk menyalurkan bantuan.

Bersama Araka Book yang kudirikan pada 21 Desember 2019, aku telah menulis 11 buku solo/antologi yang berkolaborasi dengan 100 penulis dan kedepannya aku ingin berkolaborasi lagi dengan orang-orang yang ingin menuangkan ceritanya lewat tulisan dan menjadikannya sebuah buku

11 buku yang sudah kutulis adalah :

Bahagia dengan Berkarya, Yakin Memilihmu, Semua Bisa Menulis, Let's Move On, Mom Survival Book.

Mahasiswa Di Atas Rata-Rata, Dream Big Start Small Act Now, Kuberanikan Diri untuk Menulis, Tak Henti Bertumbuh & Dunia Baru Seorang Wanita dan Meraup Berkah dari Rumah Minim Sampah.

Buku Anak :

Cerita-cerita Sarat Makna, 6 Seri Mengenal LATUN, Keanekaragaman Pesisir Pantai dan Laut Bengkulu yang ditulis bersama Bapak Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu). 6 judul tersebut adalah Berani seperti Tukik, Asyiknya Botoi-botoi di Pantai Tapak Paderi, Teh Jemang, Teh Mangrove Herbal yang Kaya Manfaat, Mangrove Lestari, Lingkunganku Berseri dan Pesona Bawah Laut Pulau Tikus.

Bersama Araka Family yang kudirikan pada 9 Oktober 2021, aku beserta keluargaku ingin berbagi sedikit pengalaman kami mengenai kegiatan bermain dan belajar bersama anak, dunia kepenulisan, komunitas sosial dan vlog liburan kami melalui konten-konten video.

Khusus untuk Blog yang kubuat sejak Desember 2014 ini, sebenarnya hanya menjadi tempat ku berbagai cerita pengalaman-pengalaman hidupku yang berkesan. Ternyata, seiring berjalannya waktu, Blog ini justru memberikanku ruang istimewa untuk bertumbuh dan belajar lebih dalam tentang dunia kepenulisan.

Bersama Araka Recycling Center yang kudirikan pada Januari 2022, aku beserta keluargaku mencoba mengajak banyak orang untuk menerapkan gaya hidup minim sampah yang lebih ramah lingkungan.

Dan tahukah teman-teman, baru di tahun 2021-lah, aku mulai tertarik mengikuti lomba atau kompetisi Blog. Padahal aku sudah nge-Blog sejak 2014 tapi belum kenal asyiknya mengikuti perlombaan Blog. Helo kemana aja selama ini? >.<

Ahahaha gak papa, namanya juga hidup. Proses setiap orang kan berbeda-beda. Ya kan?

So, untuk perekam jejak, berikut ini beberapa perlombaan menulis yang aku ikuti sejak tahun 2021 hingga sekarang. Ada yang menang dan banyak juga yang kalah hahaha. Kenapa yang kalah juga aku tampilkan? Ya nggak papa, buat kenang-kenangan. Syukur-syukur bisa memotivasi orang lain juga yang sedang berproses dalam dunia kepenulisan. Kan lumayan, aku jadi merasa lebih bermanfaat ketimbang sharing yang menang-menang terus hihihi.

So, nggak usah berlama-lama lagi ini dia petualanganku dalam lomba-lomba menulis.

2021

Belajar Lagi Dong

Lomba Artikel Seni dan Budaya Dies Natalis ke 19 Institut Teknologi Telkom Purwokerto (15 Mei)

Lomba Essay Garuda Unggul untuk Indonesia Bangkit (7 Juni)

Lomba Artikel Campaign.com Donasi Tanpa Uang (29 Agustus)

Lomba lupa namanya. Judul Artikel Andai Pandemi Pergi (23 September)

Menang

Juara 1 Lomba menulis "Inisiatif Perempuan Menguatkan Sesama Perempuan dan Kelompok Marginal di Lingkungannya" (31 Maret). Penyelenggara : Sorella, Infermia Publishing, Perempuan Berkisah. Link buku disini. Hadiah : uang tunai Rp 2.000.000, e-certificate & karyanya dibukukan.

Juara 1 Retizen Republika Blogger Writing Competition Lomba Menulis Perbankan Syariah (2 Juni). Hadiahnya uang tunai Rp5.000.000 dan sertifikat. Link artikel disini.

2022

Belajar Lagi Dong

Lomba Artikel Populer Kesehatan Mental UGM (20 Juni)

Lomba Artikel Indonesia Baik (SOHIB) temanya Recover Together, Recover Stronger (4 Juli) @id_sohib @indonesiabaik.id

Lomba ASUS Blog Writing Competition Laptop ExpertBook B3 Flip B3402 (30 Mei). Link artikel disini.

Lomba Blog Generos.id (20 Juli)

Lomba Blog Aqiqah Nurul Hayat (19 Juli)

Menang

Juara 1 ASUS Blog Writing Competition Laptop ExpertBook B7 Flip B7402 (8 Juli). Hadiahnya 1 unit laptop ExpertBook B3 Flip B3402 senilai 17 juta-an. Link artikel disini

Moral of the story :

Jangan takut untuk mencoba, belajar dari banyak referensi, termasuk para juara lomba-lomba sebelumnya. Desain artikel Blog semenarik mungkin (kalau aku pake Canva). Terus jangan khawatir soal jumlah follower, visitor Blog, SEO dan lain sebagainya. Kalau rejeki insyaallah nggak kemana. Oh ya, perhatikan hal kecil lainnya ya. Jangan lupa di-backup. Contoh : email, password Blog dll.

Menang atau kalah itu sementara. Nggak usah baper atau berlebihan. Yang penting bagaimana kita membawa kemampuan atau kesenangan kita dalam menulis menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat lagi. Yang penting kita terus belajar dan berkarya setulus hati. Yuk bisa yuk! Salam hangat, Ratih Kartika❤️

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan bijak!

 
Top