4

Aku adalah seorang perempuan berusia 22 tahun kala itu. Kesibukanku adalah menjadi mahasiswa magister pada salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Sudah bisa ditebak, setiap harinya aku berkutat dengan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Mau tahu apa jenis laptop yang kumiliki saat itu? Jawabannya adalah ASUS E202S. Aku membelinya pada sekitar pertengahan tahun 2016 dari seorang teman yang mempunyai usaha jual beli laptop di Yogyakarta. Aku hanya mengatakan padanya bahwa aku membutuhkan laptop yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliah, harganya terjangkau dan ukurannya tidak terlalu besar. Lantas, dia pun merekomendasikan ASUS E202S seharga 3,3 juta rupiah. Aku pun tak ragu dan langsung membelinya tanpa pikir panjang.

Akhirnya, Aku Lulus!

Laptop inilah yang akhirnya kupakai untuk belajar, mengerjakan riset hingga menemaniku mengerjakan tesis. Sungguh, perjalanan yang panjang dan tidak mudah. Apalagi pada waktu itu, aku sedang hamil besar sehingga aku harus menyelesaikan tesisku sebelum melahirkan anak pertamaku. Akhirnya, setelah semua proses dilalui, aku pun dinyatakan lulus pada 30 Januari 2019 dengan predikat Cum Laude, alhamdulillah.

Aku sama sekali tidak menyesal dengan pilihanku membeli laptop itu. Ibarat seperti hubungan yang nyata, laptop ini sudah seperti bestie yang sangat membantuku dalam berbagai hal. Kemana pun aku pergi, aku hampir selalu membawanya. Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuatku tak pernah kerepotan membawanya.

Aku dan dia juga tidak pernah bermasalah, tidak banyak drama-drama eror maupun kerusakan sama sekali. Ah, dari awal memang sudah terasa berbeda, seperti ada bara semangat untuk menjaga laptop ini dengan baik. Dan setelah kurang lebih 6 tahun bersama, benar saja kalau laptop ini sangatlah spesial karena berhasil menemaniku menggapai impian-impian besarku dalam hidup.

Menghirup Udara di Belahan Bumi yang Lain

Masih kuingat betul, bagaimana pusingnya diri ini memikirkan karya tulis untuk kupresentasikan di luar negeri. Rasanya ingin sekali kumenyerah tapi aku lebih memilih untuk berjuang hingga akhir. Perjuangan itu pun akhirnya berbuah manis. Setelah menjelajah Malaysia, Thailand, Singapura, Jepang dan Korea, akhirnya aku berhasil menghirup udara di negara dengan sebutan Oz itu.

Masih kuingat betul, senangnya hati ini yang akhirnya memakai jaket musim dingin sembari menyeruput teh hangat di sebuah cafe di Melbourne. Masih kuingat betul, takjubnya diri ini melihat langsung kemegahan Opera House. Dan masih terekam dengan jelas, bahagianya menginjakkan kaki di negara yang sudah diidamkan selama 5 tahun itu. Terima kasih untuk petualangan serunya, Australia. Tugasku sudah selesai. Akhirnya aku berhasil mempresentasikan karya tulisku di luar negeri dan saatnya pulang ke Indonesia untuk berkarya kembali.

Jemariku Tak Berhenti Menari

Adalah Yasara Indonesia (YI), sebuah komunitas sosial yang kudirikan di Yogyakarta pada 5 September 2015. Bersama bestie-ku ini, aku membuat rancangan program, mendesain flyer program hingga mengarsipkan berbagai foto maupun dokumentasi program.

Hingga usianya yang sebentar lagi 7 tahun di tahun 2022, YI telah menyalurkan Rp 389.239.700 dengan rincian sebagai berikut : 185.627.500 untuk 117 dhuafa sakit, Rp 125.543.700 untuk membantu biaya pendidikan 234 siswa-siswi SD-SMP-SMA kurang mampu, menyalurkan 12 laptop seharga total Rp 45.473.500 untuk 12 panti asuhan hingga menyalurkan santunan sebanyak Rp 32.595.000 untuk 218 anak yatim/piatu non panti di seluruh Indonesia. Sungguh pencapaian yang sangat kusyukuri sekali. Keputusan untuk membuat YI hampir 7 tahun silam menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah kubuat sepanjang hidupku.

Oh ya guys, setelah cek data, aku baru sadar kalau 10 dari 12 laptop yang sudah kami salurkan, semuanya bermerek ASUS lho. Jadi bisa dibilang kalau kami adalah pelanggan setia yang memilih ASUS sebagai pilihan terbaik kami selama ini hihihi.

Selain bergerak bersama YI, laptop ASUS E202S ini juga setia menemani perjalananku dalam menulis. Mulai dari Blog yang kubuat sejak Desember 2014 ini hingga menulis buku. Aku sendiri hampir tak percaya, jemariku yang terus menari di atas keyboard ASUS E202S itu, telah membuahkan 10 judul buku self improvement dengan beragam tema yang kutulis sendiri maupun berkolaborasi dengan penulis lainnya. Semoga saja dengan hadirnya buku-buku ini dapat memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan para pembacanya aamiin...

Seiring waktu yang terus berjalan, peranku pun sudah berubah. Kini, aku adalah seorang istri dan ibu rumah tangga yang telah dianugerahi dua anak perempuan. Setiap harinya, bukan hanya diriku saja, namun anak-anakku juga menggunakan ASUS E202S untuk belajar. Tak sekadar menjadi penonton video kartun, lagu anak-anak maupun video edukatif lainnya, aku dan keluarga kecilku juga aktif mengembangkan channel YouTube kami sejak Oktober 2021, yakni Araka Family. Kami berbagi video inspirasi kegiatan bermain dan belajar dengan anak, dunia kepenulisan, kegiatan sosial dan vlog liburan kami.

Walaupun banyak momen berharga kulalui bersama laptop ASUS E202S, tapi kusadar bahwa tak ada yang abadi di dunia ini meski sudah kujaga sepenuh hati sekalipun. Laptop kesayanganku itu akhirnya berpulang pada bulan Maret 2022 setelah tiba-tiba mati dan salah satu toko servis laptop di kota Palembang angkat tangan dan menyatakan tidak sanggup untuk memperbaikinya lagi. Sungguh sedih sekali rasanya harus berpisah dengan laptop penuh kenangan itu,

Walaupun sudah tak bisa menemaniku berkarya lagi, laptop ASUS E202S tetap kusimpan hingga kini. Kugunakan laptop itu untuk media bermain peran dengan anak-anakku. Semoga saja dengan cara ini, aku tetap bisa menyimpan kenangan dan mengapresiasi setiap perjuangan yang telah kulalui bersama laptop ASUS E202S.

Seperti itulah gambaran perjalanan panjangku bersama ASUS E202S. Sekarang saatnya move on dan membuka lembaran baru dengan berusaha mencari laptop yang cocok untuk segala kegiatanku. Bak mendapat angin segar, pada 8 Juni 2022, ASUS mengeluarkan varian laptop yang membuatku seketika terpesona. Laptop itu adalah ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Aku dibuat takjub setelah membaca kecanggihan fitur-fitur dan spesifikasi lengkapnya. Inilah laptop yang kucari-cari selama ini, gumamku dalam hati. Lantas, mengapa laptop ini terasa sangat spesial dan mempesona ? Apa sajakah keunggulannya? Yuk, kita simak bersama ulasan berikut ini!

Kehadiran ASUS Expertbook B7 Flip (B7402) menjadi laptop 5G pertama di Indonesia. Sama seperti smartphone, hanya dengan memasangkan kartu SIM aktif ke dalam laptop, maka keduanya akan otomatis terhubung ke jaringan 5G. Nggak cuma 5G aja, ExpertBook B7 Flip (B7402) ini juga terkoneksi ke jaringan 4G LTE untuk konektivitas yang lebih luas dan optimal.

Meskipun bisa terhubung ke jaringan seluler 5G, ASUS ExpertBook B7 Flip tetap dilengkapi dengan opsi konektivitas melalui WiFi 6 (802.11ax) yang dilengkapi ASUS WiFi Master. Teknologi ini membuat laptop selalu terhubung ke sumber koneksi dengan kualitas tinual terbaik. Jadi, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) bakal selalu punya koneksi yang bagus pastinya.

Selain itu, laptop ini dibekali prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Sudah pasti performanya kencang dan anti lemot untuk melibas program-program berat tanpa nge-hang. Pekerjaan multitasking yang kulakukan seperti membuka browser, meng-edit video, menulis, membuat flyer program dan lain sebagainya juga akan berjalan mulus dan lancar karena ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki RAM DDR4 sebesar 16 GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas sampai 1TB! Bukan main kerennya. Jadi, nggak perlu emosi lagi deh karena laptop ini nggak bakal lemot hihihi.

Aku suka nonton film; dari film barat, lokal, drama korea, semua kutonton. Tapi aku nggak bisa ke bioskop karena anak-anakku masih kecil. Makanya, aku berlangganan ke platform streaming berbayar deh.

Setelah tahu ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) punya layar yang luas dan tajam dan daya tahan baterai sampai 12 jam karena ada teknologi AHCS (Advance Hybrid Cooling System), aku langsung kegirangan. Akhirnya, mata dan tanganku nggak pegal lagi karena mantengin HP terus demi nonton film. Aku bisa puas nonton di laptop ini karena ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki layar Full HD selebar 14 inci dengan rasio aspek 16:10 dan juga perbandingan screen-to-body sampai 81% loh. Memanjakan mata banget buat nonton film, ya kan!

Oh ya, layar sentuhnya anti silau (anti-glare panel) dengan dilapisi kaca Corning® yang kokoh. Engsel layarnya juga dapat diputar 360° sehingga laptop ini bisa diubah menjadi mode stand, tenda, tablet atau disesuaikan dengan kebutuhan. Nggak ketinggalan juga, ada ASUS Stylus Pen yang pastinya membuatku lebih cepat untuk coret-coret dan menuangkan ide. Asyik banget kan!

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga menyuguhkan inovasi yang keren banget. Salah satunya adalah fitur NumberPad 2.0, yaitu pengganti tombol numpad pada keyboard. Fitur ini bisa diaktifkan melalui satu sentuhan dan langsung digunakan di touchpad. Sooo futuristic sekali~

Selain itu, kalau aku harus mengisi webinar atau menghadiri acara seminar lewat online video conference, aku juga nggak khawatir dengan suara bising dari lawan bicara karena bisa dihilangkan secara real time dengan teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling. Nggak ada lagi misscom, nggak ada lagi "hah, apa, coba ulangi lagi, maaf nggak kedengeran" dsb berkat teknologi ini. Jadi, no worry lagi deh buat online video conference dari mana aja. Mau online meeting sambil nungguin sunset di Labuan Bajo, hayuk aja deh pokoknya!

Aku bakalan sedih banget kalau tahu naskah buku, proposal program, maupun video yang sedang ku-edit tiba-tiba hilang datanya. Dunia berasa runtuh karena kerja keras kita hilang begitu saja :(

Beruntungnya, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ini telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Tahan terhadap suhu dan kelembapan ekstrem, tahan air hingga 78 cc air, serta tahan dari guncangan dan getaran. Sekelas militer AS gitu lho, pasti nggak kaleng-kaleng uji ketahanannya. Aku jadi lega deh kalau pakai laptop ini. Resiko kerusakan karena kehebohan anak-anak yang berlarian kesana kemari bisa diminimalisir deh.

Tapi kalau sewaktu-waktu laptop ini tetap bermasalah juga, aku juga nggak perlu khawatir karena aku bisa memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun. Jadi, aku bisa mendapatkan dukungan teknis khusus maupun layanan servis dengan garansi perlindungan hingga 100%. Kalau bahasa anak Jaksel, layanan ekstra ini bakalan membuatku secure deh pokoknya hihihi.

Setidaknya ada empat perlindungan data yang ada di ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ini, yakni kamera InfraRed yang akan mendeteksi wajah pengguna secara khusus, sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang otomatis akan mengidentifikasi pengguna, webcam shield yang berada di atas webcam sehingga privasi kita terlindungi dan yang terakhir ada fitur keamanan Kensington Lock yang bisa digunakan untuk mengantisipasi kemungkinan aksi pencurian laptop.

Selain itu, ada juga teknologi seperti ASUS Private View dan modul Trusted Platform Module (TPM) 2.0 sebagai chip yang dapat menyimpan password dan kunci enkripsi agar tetap aman. Kita juga lebih tenang karena ada privacy shutter pada webcam yang bikin orang lain nggak bisa melihat apa yang sedang kukerjakan. Jadi, aku bisa bebas berkarya tanpa rasa cemas lagi deh yeay..

Waaah, terima kasih ASUS. Aku semakin takjub dan reflek bertepuk tangan untuk laptop dengan proteksi super duper berlapis ini. Daebak 👏👏👏

Tahu sendiri kan, gimana riwehnya seorang ibu dengan dua anak. Apalagi kalau lagi ada acara keluar, persiapannya bisa dua jam sebelumnya 🤣🤣🤣

Bawa mainan lah, bekal makanan lah, buku dan lain sebagainya. Makanya, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ini sudah pasti jadi idamanku banget karena bodinya yang tipis dan ringan. Beratnya aja cuma 1,44 kg dengan ketebalan 1,80 cm aja! Nggak cuma ibu rumah tangga seperti aku, para konten kreator, karyawan kantor, guru hingga pebisnis pun juga bakalan suka karena laptop ini terbilang friendly-space. Jadi, praktis banget mau dibawa meeting, nongkrong, mengajar, ataupun ngonten di manapun. Kebayang, kan? Pokoknya nggak perlu khawatir lagi karena laptop ini bisa diajak sat set sat set.

Tampilan desain ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga ciamik abis dengan warna Black yang minimalis dan elegan. Balutan warna hitam ini bikin laptop nggak gampang kotor dan bisa digunakan semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan karena warnanya yang netral, stylish dan kekinian.

Oh ya, laptop "serba lebih" ini juga dilengkapi dengan konektivitas yang mumpuni karena dibekali port USB 3.2 Gen 2 Type-A, Thunderbolt™ 4 supports display/power delivery, mini Display Port, HDMI 2.0b, dan micro HDMI (RJ45 lan).

Dengan adanya 3.5mm Combo Audio Jack dan dua speaker bersertifikat Harman Kardon, aku bisa dengan leluasa menulis naskah, mengedit video atau menyusun rencana program sosial sambil memakai headphone dan mendengarkan Podcast favoritku deh!

Terus, nggak lupa ada SIM card slot dan smart card reader. Jadi, transfer file bakalan lebih cepat dan praktis. Lengkap kap kap kap banget pokoknya!

Nah, itu dia spesifikasi dari laptop idamanku dan jika kurangkum, ada 4 keunggulan atau daya tarik dari ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) yakni;
1.fitur konektivitas paling mutakhir,
2. jaminan perlindungan data yang maksimal,
3. daya tahan dengan standar militer,
4. desain yang stylish dan kekinian.

Dengan kualitas sesempurna ini pun, aku jadi nggak mau punya mimpi yang biasa-biasa saja di masa depan. Karena prinsipku, gaya hiduplah yang harusnya sederhana, tapi kalau impian nggak boleh sederhana. So, kalau someday laptop idaman ini ada di tanganku, aku nggak bakal sia-siain kesempatan itu.

Aku dan keluargaku akan menggunakan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sebagai salah satu media untuk menggapai mimpi-mimpi besar kami di masa depan yang sudah kami tulis sejak bulan Mei 2018. Impian itu adalah terus berkarya dan berkolaborasi untuk menulis Blog maupun menerbitkan buku di Araka Book, membuat konten video inspiratif di channel YouTube Araka Family, dan membangun yayasan, sekolah, serta rumah sakit bersama Yasara Indonesia. Impian yang tak sederhana ini sedang kami perjuangkan secara bertahap dan dengan segala kecanggihan yang ada pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), aku percaya bahwa impian besar itu bisa terwujud suatu saat nanti aamiin aamiin ya robbal alamin...

Layaknya sebuah diary, setiap data dalam ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) seperti jejak-jejak perjalanan hidup yang terdokumentasikan dengan baik sekaligus sebagai pengingat seberapa jauh perjalanan tertorehkan. Layaknya sebuah keluarga, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) harus dijaga dengan baik bak saudara kandung, di mana ia adalah tempat bercerita dan pemupuk semangat untuk kembali berjuang dan menjemput impian. Semoga akan ada banyak lagi cerita-cerita berharga lainnya di masa yang akan datang bersama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Jaya selalu ASUS! Teruslah mengakar kuat dan tumbuh bersama-sama!

Salam hangat dari seorang ibu rumah tangga di Bumi Raflesia, Ratih Kartika.

Spesifikasi lengkap ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) bisa dilihat di sini:

"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Blog Writing Competition bersama Handikoo.com"

Posting Komentar

4 komentar

Selamat ya mba Kartika menang juara 1 artikel ini. Semoga terwujud mimpi-mimpinya bersama laptop baru. Salam kenal dari Depok.

Aamiin. Terima kasih banyak doa nya mbak Nurul. Salam kenal juga dari Bengkulu. Sehat sehat selalu mbak 😊

Selamat mbak tulisannya bagus banget, layak menjadi juara 👍

Alhamdulillah terima kasih banyak mas apresiasinya. Semoga bermanfaat tulisannya untuk teman teman pembaca. Sehat selalu mas

Dimohon untuk berkomentar dengan bijak!

 
Top