0

Salah satu momen yang dipersiapkan oleh setiap suami dan istri yang baru saja dikaruniai buah hati adalah aqiqah anak. Seperti yang tercantum dalam Al Qur'an, aqiqah menjadi sebuah momen penting sebagai perwujudan rasa syukur setiap orangtua atas kehadiran sang buah hati di tengah-tengah mereka.

Mengingat begitu pentingnya momen ini, maka tak sedikit pula orangtua yang membuat aqiqah sespesial mungkin lengkap dengan dekorasi, pengajian, hingga deretan acara lainnya demi mengabadikan momen berharga sekali dalam hidup si kecil ini.

Nah, ngobrolin soal aqiqah, aku jadi teringat momen aqiqah kedua anakku di bulan Maret 2019 dan Juli 2021 di mana keduanya mempunyai cerita dan kesan tersendiri.

Sebagai anak pertama, aqiqah kakak Salma kami adakan secara spesial namun tetap sederhana di kontrakan kami. Berbekal kenalan kami dengan seorang ustaz di sebuah panti di Yogyakarta, kami pun mengontak beliau agar datang beserta beberapa santrinya ke acara aqiqah anak pertama kami. Tak hanya datang sebagai undangan, ustaz pun kami minta untuk memimpin doa dan memandu acara aqiqah. Mulai dari pembukaan, pengajian, pemotongan rambut anak, hingga doa-doa penutup.

Untuk makanannya, kami hanya memesan kepada Ibu Tum, yakni ibu catering kenalan kami yang sudah seperti keluarga sendiri. Beliaulah yang membeli kambing, memasak dan mengantarkannya ke kontrakan kami. Berkat keahlian memasaknya, olahan kambing kakak Salma terasa spesial hingga habis kami makan dengan lahap.

Walau tak ada dekorasi, balon-balon ataupun fotografer yang secara khusus memotret setiap momen, acara aqiqah tetap terasa spesial. Apalagi berkat kehadiran beberapa teman, keluarga dari Palembang dan Lampung, acara aqiqah pun terasa semakin hangat.

Berbeda dengan kakak Salma, acara aqiqah Adek Qia pun memiliki cerita tersendiri karena Qia lahir ketika pandemi COVID-19 merebak di seantero dunia. Bahkan sedang dalam periode puncaknya di Jogja pada waktu itu. Alhasil, untuk mencegah penularan COVID-19, kami lagi-lagi memesan kambing aqiqah lewat Ibu Tum. Selain memasaknya, beliau juga kami minta untuk membagikan nasi box aqiqah ke salah satu panti di dekat rumahnya. Doa-doa dari para santri di panti itulah yang siang itu mengetuk pintu langit dengan membawa segudang harapan untuk adek Qia.

Oh iya, menarik kisah ke beberapa tahun sebelumnya, ada satu cerita yang bagiku ini sangat lucu sekaligus berkesan di mana aku baru aqiqah di umur 24 tahun. Entah mengapa hal itu bisa terjadi. Mungkin faktor ekonomi keluargaku pada saat itu atau bisa jadi tradisi orang desa yang tidak mengenal aqiqah.

Lucunya lagi, aku baru aqiqah beberapa hari sebelum menikah dengan menyembelih satu ekor kambing. Masyallah, kejadian ini lucu sekali bagiku tapi at least ada hikmah yang bisa kuambil yakni aku jadi belajar bahwa ketika aku mempunyai anak nanti, aqiqah menjadi hal yang wajib akan kulaksanakan bersama suami untuk anak-anak kami.

Dan alhamdulillah, suami pun memiliki visi yang sama. Alhasil, di sela waktu menikmati proses dua kehamilan yang berbeda dalam jangka waktu yang berdekatan, aku dan suami merencananakan dan menyiapkan pos dana untuk mereka. Selain pos dana untuk kebutuhan persalinan, aku pun mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan aqiqah.

Dengan perencanaan yang baik, harapannya tidak ada drama kekurangan uang atau bahkan penundaan aqiqah karena alokasi uang untuk aqiqah benar benar kami persiapkan dengan serius. Dan alhamdulillah, di hari ke 7 kelahiran anak-anak, kami pun dapat mengadakan aqiqah tanpa halangan.

Jadi, bagi teman-teman para calon orangtua, alokasi dana untuk aqiqah benar-benar harus dimasukkan dalam perencanaan keuangan keluarga. Nominalnya pun disesuaikan dengan jenis kelamin anak, perkiraan harga kambing dan biaya yang lainnya.

Walau pun begitu, bila ada yang belum merencanakan atau belum tergerak untuk mengaqiqahkan anaknya, pun tak mengapa. Karena memang hukumnya sunnah seperti pendapat Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Ahmad dan Abu Tsaur yang menyatakan bahwa aqiqah itu hukumnya sunnah. Namun, hendaknya kita tetap berusaha untuk mengamalkan aqiqah seperti yang disabdakan oleh Rasullullah SAW.

Disebutkan dalam HR Abu Dawud, Rasulullah bersabda bahwa “semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama."

Hadist tersebut haruslah menjadi motivasi bagi kita sebagai umat Islam untuk menjadi sebaik-baik peniru Rasulullah. Karena apa yang dikerjakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam semuanya adalah kebaikan, dan hendaknya kita sebagai umat Islam berusaha untuk mengikutinya semaksimal mungkin.

Walaupun begitu, Islam memang agama yang terbaik. Jika memang keadaan ekonomi tidak memungkinkan untuk mengadakan aqiqah, maka kita juga tidak perlu memaksakan untuk mengadakan aqiqah.

Maka dari itu, agar aqiqah tidak dipandang menjadi sebuah beban yang berat melainkan dipandang sebagai media dakwah sebuah keluarga, maka suami dan istri dapat mempersiapkannya dengan menabung jauh-jauh hari agar anggaran untuk aqiqah tidak terasa berat. Percayalah, setiap niat baik akan menemukan jalannya, insyaallah.

Sedikit demi sedikit, atas izin Allah, uang tersebut dapat terkumpul dan akhirnya kita dapat mengaqiqahkan anak-anak kita.

Beruntungnya lagi, di zaman serba canggih seperti sekarang ini, memesan layanan aqiqah semudah berbelanja online. Bagi orangtua yang sibuk dan mempunyai banyak aktivitas, maka berbekal handphone saja, kita dapat menggali informasi mengenai layanan aqiqah lebih detail, membandingkan harga hingga memilih jenis kambing dan pilihan olahan masakan kambing.

Selain itu, jika kita ingin membuat acara aqiqah lebih spesial, kita pun dapat menambahkan dekorasi, souvenir, dan segala pernak pernik pendukung lainnya. Atau orangtua pun memiliki pilihan lain yakni menyerahkan segala kebutuhan aqiqah mulai dari pemesanan, hingga pendistribusian makanan ke panti asuhan yang telah bekerja sama dengan penyedia jasa layanan aqiqah.

Cara ini pun sah-sah saja dan sama sekali tidak membuat acara aqiqah menjadi tidak spesial karena keberkahan aqiqah putra-putri kita akan dirasakan oleh semua orang yang terlibat dalam proses aqiqah sampai mereka yang menikmati hidangan aqiqah, insyaallah.

Nah, berbicara layanan aqiqah, kali ini aku mau berbagi cerita mengenai pelopor aqiqah siap saji yang terkenal di Indonesia yakni Nurul Hayat. Aqiqah Nurul Hayat sendiri telah berdiri sejak tahun 2003 dan merupakan unit usaha pondok pesantren Nurul Hayat. Wah sudah lama sekali. Luar biasa sekali, bukan?

Dan inilah beberapa alasan mengapa Aqiqah Nurul Hayat dapat menjadi pilihan tepat bagiku untuk aqiqah anak ketiga maupun untuk para orangtua lain yang akan mengaqiqahkan buah hati tercintanya. Karena belajar dari pengalaman aqiqah sebelumnya yang tidak terdokumentasikan dengan baik, maka dari itu aku ingin membuat momen aqiqah selanjutnya menjadi lebih berkesan dan luar biasanya, Aqiqah Nurul Hayat menjawab kebutuhan dan harapanku itu.

1. Halal

Aqiqah Nurul Hayat telah tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dinas Kesehatan dengan nomor : 503.443.51/JB-08618/436.6.3/VIII/2012. Jadi Ayah, Bunda tak perlu khawatir lagi karena pilihan hewan, cara penyembelihan, dan memasaknya bisa dipastikan sesuai dengan syariat. Selain itu, proses penyembelihan pun terdokumentasikan dengan baik sehingga Ayah, Bunda dapat memantau progres dari aqiqah dari mana saja.

2. Harga sesuai budget

Ayah, Bunda dapat leluasa berkonsultasi dengan admin Nurul Hayat yang akan menjawab dengan ramah dengan menginformasikan beberapa paket-paket aqiqah sehingga Ayah, Bunda mendapatkan informasi yang mendetail dengan harga terbaik.

Sebagai informasi, aqiqah Nurul Hayat menyediakan beberapa paket aqiqah seperti paket platinum, istimewa, super, dan hemat. Ada nasi kotak, paket prasmanan, ada juga tambahan dekorasi, fotografer dan lain sebagainya. Dengan adanya pilihan-pilihan tersebut, Ayah, Bunda bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

3. Banyak pilihan menu

Dengan rata-rata menyembelih 3.000 kambing setiap bulannya, Aqiqah Nurul Hayat pun menyediakan berbagai macam pilihan olahan masakan kambing. Mulai dari gulai, krengsengan, sate dan lain-lain yang dimasak oleh juru masak profesional sehingga rasa dan kualitas masakan sangat terjaga.

4. Aqiqah sekaligus bersedekah

Ayah, Bunda insyaallah akan mendapatkan keberkahan dan pahala karena setelah dikurangi biaya operasional, keuntungan aqiqah Nurul Hayat digunakan untuk program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Salah satunya adalah beasiswa anak yatim. Jadi, Nurul Hayat tidak hanya mengejar keuntungan semata, melainkan turut andil dalam mewujudkan kemaslahatan umat melalui program-program sosial dan dakwahnya.

5. Gratis pengantaran

Semua pesanan Ayah, Bunda akan dikirimkan secara gratis ke rumah. Jadi, tidak perlu repot-repot mengambilnya sendiri. Atau seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aqiqah Nurul Hayat juga menyediakan layanan paripurna mulai dari pemilihan kambing yang berkualitas hingga pendistribusian makanan ke panti maupun desa. Opsi ini memberikan customer sebuah pilihan yang dapat digunakan sebagai media dakwah yang menjangkau masyarakat yang lebih luas. Lebih lengkap lagi, Ayah, Bunda akan menerima sertifikat aqiqah anak dan juga berkesempatan mendapatkan boneka Qiqo sehingga membuat momen aqiqah menjadi lebih berkesan.

6. Berpengalaman selama 19 tahun

Berdiri sejak tahun 2003 dan berjaya hingga tahun 2022 dan insyaallah seterusnya, mengartikan bahwa kualitas layanan aqiqah Nurul Hayat sudah terbukti unggul. Belum selesai sampai disitu, aqiqah Nurul Hayat juga memiliki mitra yang tersebar di 60 kota di Indonesia. Hal ini tentu menandakan bahwa sinergisme dan manajemen aqiqah Nurul Hayat sangat terorganisir, sumber daya manusianya amanah dan memiliki kesamaan tujuan dalam bekerja yakni untuk menggapai ridho-Nya dan yang tak kalah penting lainnya memberikan layanan paripurna bagi para pelanggannya. Prinsip habluminallah dan habluminannas benar-benar diamalkan oleh Nurul Hayat.

7. Ribuan testimoni pelanggan

Setelah membaca beragam testimoni dari ribuan pelanggan aqiqah Nurul Hayat, aku pun menjadi tak heran mengapa aqiqah Nurul Hayat bisa menjadi nomor satu di Indonesia. Dengan pengalaman hampir 20 tahun dengan ribuan pelanggan yang puas dengan pelayanannya, pantas saja aqiqah Nurul Hayat selalu menjadi yang terbaik.

Tak tanggung-tanggung, sekelas artis, penulis buku terkenal hingga pejabat sekelas menteri pun menyatakan kepuasannya atas pelayanan aqiqah Nurul Hayat. Lantas, dengan kualitas yang sudah teruji ini, pastilah membuat semua orang terpesona dan semakin yakin untuk menggunakan maupun merekomendasikan jasa aqiqah Nurul Hayat ini kepada orang lain. Aqiqah Nurul Hayat memang benar-benar Aqiqah Keluarga Indonesia.

Masyallah, masyallah, masyallah. Membaca uraian di atas membuatku takjub dengan aqiqah Nurul Hayat. Pastinya, di balik kecermelangan ini, ada proses yang tidak mudah yang harus dilalui. Baik oleh top management, semua karyawan dan mitra di berbagai kota, juru masak, penyembelih hewan hingga para peternak kambing yang senantiasa belajar dan meningkatkan kapasitas diri baik dalam bekerja maupun beribadah. Budaya kerja inilah yang kuyakini menjadi salah satu faktor yang membawa aqiqah Nurul Hayat dapat berkembang sebesar ini.

Wah, sudah tidak ada keraguan lagi deh. Pilihan aqiqah Nurul Hayat bakalan masuk menjadi wish list-ku untuk rencana anak ketigaku. Aku bisa dengan mudahnya memesan aqiqah di Nurul Hayat sembari tetap menjalankan aktivitasku yakni menjadi ibu rumah tangga yang juga seorang penulis buku, konten kreator dan memimpin sebuah lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

Mari percayakan kebutuhan aqiqah pada ahlinya. Aqiqah Nurul Hayat, Aqiqah Keluarga Indonesia.

Yuk, Peringati Hari Keluarga Nasional bersama Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah Keluarga Indonesia

Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni 2022, Nurul Hayat mengajak kita semua untuk kembali merefleksikan arti sebuah keluarga. Ya, keluarga memegang peranan penting dalam sebuah tatanan masyarakat maupun negara. Maka dari itu, para orangtua senantiasa harus belajar agar dapat mendidik anak-anaknya dengan baik. Termasuk sedari awal, tak lama setelah anak-anak lahir, bersegera mengadakan aqiqah agar mendatangkan keberkahan bagi sang anak dan keluarga.

Selain itu,agar momen aqiqah semakin berkesan, Aqiqah Nurul Hayat dapat menjadi pilihan terbaik keluarga untuk momen aqiqah anak-anak tercinta. Anak-anak inilah karunia yang harus kita jaga dan lindungi selalu. Anak-anak inilah yang nantinya akan bertumbuh, berkembang dan melanjutkan estafet kepemimpinan di masa depan.

Selain itu, keluarga juga diharapkan dapat menjadi tempat untuk saling menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing anggota keluarga sehingga potensi-potensi inilah yang nantinya dapat digunakan sebagai media dakwah maupun media menebar kebermanfaatan kepada lebih banyak umat manusia.

Untuk itu, mari tumbuhsuburkan budaya belajar di dalam rumah, pererat ketahanan keluarga dengan saling menghargai, menyayangi, melindungi hingga menjalankan peran dengan sebaik-baiknya agar terwujud keluarga-keluarga unggul yang dapat menghasilkan calon pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia di masa depan yang sehat, kuat dan berkarakter.

Salam hangat dari seorang ibu rumah tangga yang gemar berbagi cerita lewat tulisan, video dan aksi-aksi sosial, Ratih Kartika.

Artikel ini diikutsertakan pada kompetisi Blog yang diselenggarakan oleh Aqiqah Nurul Hayat.

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan bijak!

 
Top