0

Aku adalah orang yang sangat percaya kekuatan impian. Istilah dream big, start small, act now yang dikatakan oleh para motivator di berbagai media menjadi salah satu “mantra” yang kuyakini dapat membawa keajaiban pada hidupku.

Bagai terhipnotis, aku yang masih mahasiswa S-1 kala itu pun mulai menuliskan impian-impian besar yang ingin kuraih dalam hidup. Menjadi penulis lah, menjadi ibu rumah tangga multitalenta lah, pengusaha lah dan lain sebagainya. Pede sekali rasanya tapi itulah dream big yang benar-benar ingin kuraih dalam hidup.

Menariknya, salah satu alasan kenapa aku menyukai mantra itu karena ada kata start small yang muncul setelah kata dream big. Jadi, impian yang rasa-rasanya begitu besar, sangat menantang dan mungkin sulit diraih itu dipadankan dengan sesuatu yang terasa lebih hangat dan membumi.

Alangkah melegakan sekali bukan? Kita diminta bukan untuk berlari secepat-cepatnya. Sama sekali tidak. Justru kita diminta untuk berjalan selangkah demi selangkah, mengambil jeda apabila kelelahan dan menikmati setiap proses yang terjadi dalam perjalanan itu.

Belum selesai sampai di situ, kata start small pun disempurnakan oleh kata act now. Jadi bukan tentang seberapa sempurnanya langkah yang kita torehkan tapi tentang seberapa serius dan cepatnya tindakan yang kita ambil dalam rangka meraih impian yang kita tuju.

Dan bagaikan sebuah film, tulisanku ini terbang hingga hampir sepuluh tahun lamanya. Kira-kira apa yang terjadi saat ini? Ternyata, apa-apa yang menjadi dream big-ku pun terwujud walaupun belum semuanya.

Satu di antaranya adalah menjadi seorang penulis. Sepuluh tahun yang lalu, aku masih buta untuk mencari jalan menjadi seorang penulis. Tapi lagi-lagi, aku pun berupaya menerapkan start small dan act now versi diriku. Sehingga, tanpa berpikir panjang pada 1 Desember 2014, kumulai perjalanan menjadi seorang blogger.

Kuisi Blog itu dengan hal-hal sederhana bahkan receh yang kualami dalam hidup. Seperti cerita wisuda, membangun usaha, pengalaman ke luar negeri, kegagalan ini-itu dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, aku pun mencoba meluruskan kembali niatku dalam menulis. Aku ingin menjadikan setiap tulisanku sebagai media menebarkan manfaat dan kebaikan bagi orang lain.

Bukan pujian semata yang ingin kuterima dari pembaca, melainkan ada goals yang lebih luas lagi dimensinya. Sudut pandangku pun semakin kuperlebar sehingga tak masalah apabila nantinya tidak ada satu cerita pun yang benar-benar memberikan manfaat bagi para pembaca. Karena kuyakin, pilihanku menjadi seorang blogger tidak membawa kerugian. Justru akulah orang pertama yang merasakan kebermanfaatan dari tulisanku sendiri.

Setidak-tidaknya aku pernah berjuang untuk menggerakkan otakku agar terus berpikir dan membuat jemariku lincah mengetikan kata demi kata di atas keyboard laptop. Aku lah yang terus membaca referensi, mengolah kata demi kata dan membumbui setiap tulisanku dengan berbagai rasa. Aku lah yang bertumbuh seiring berjalannya waktu dan aku merasa sangat beruntung karenanya.

Benar saja, setelah tujuh tahun enam bulan berlalu, Blog sederhana yang kubanggakan ini ternyata berhasil membawaku pada titik di mana kualitas tulisanku jauh lebih baik dibandingkan yang dulu. Blog ini telah membuat jari-jemariku terus berlatih menulis hingga tak terasa kini aku pun telah menghasilkan karya berupa 10 buah buku.

Aku pernah menulis buku soloku sendiri, berkolaborasi dengan puluhan penulis potensial lainnya dari Sabang hingga Merauke bahkan berkolaborasi dengan belahan jiwaku tercinta.

Aku sendiri hampir tak percaya. Impian besar menjadi seorang penulis yang kutulis sepuluh tahun silam akhirnya terwujud.

Kekuatan start small dan act now benar-benar membawaku melangkah satu demi satu, mendidikku agar lebih sabar menyusuri setiap petakan jalan, membuatku berbelok arah ketika menemui jalan buntu, menyuruhku mengambil jeda untuk istirahat hingga akhirnya menemukan pintu dream big yang kucari selama ini.

Dan sekarang, setelah membuktikan mantra ajaib itu sendiri selama hampir 8 tahun, aku pun ingin berbagi sedikit pesan dan semangat khususnya untuk teman-teman di luar sana yang mungkin masih ragu, takut maupun insecure dalam menulis sekaligus aku juga ingin menyambut dengan hangat teman-teman calon blogger yang ingin segera terjun langsung dan merasakan asyiknya petualangan menjadi seorang blogger.

Apapun profesi dan impianmu, buatlah Blog sekarang juga. Tumpahkan perasaan atau ceritakan pengalamanmu di Blog. Setidak-tidaknya emosi yang kamu miliki tersalurkan dengan cara yang baik dan bonusnya momen hidup yang menurutmu berharga akan terdokumentasikan lebih rapi. Jadi, tidak ada ruginya, kan?

Lalu, di tengah kesibukanmu, luangkanlah waktu untuk menulis bukan menulis di waktu luang. Dengan prinsip seperti ini, insyaallah akan menjaga konsistensi kita sebagai seorang blogger. Apalagi Blog itu bukanlah sebuah kewajiban. Ia bukan seperti tugas kuliah atau pekerjaan yang memiliki deadline tertentu. Jadi, kita lah pemegang kendali dan penguasanya, maka kebebasan dan kekuatan ini harus kita manfaatkan dengan maksimal sehingga waktu yang berlalu tak berujung sia-sia.

Jadi sepakat ya, seberat atau sebahagia apapun hari yang kau lalui, bahkan setinggi apapun puncak gunung yang kau daki, abadikanlah ke dalam Blog. Suatu saat nanti, kau akan berterima kasih pada setiap kata yang telah kau tuliskan karena berkat mereka lah kau belajar untuk menghargai setiap momen, mengapresiasi setiap proses hingga kau pula lah yang kini semakin bertumbuh.

Sama seperti pengalamanku, ternyata pengalaman hidup yang kutuliskan dalam Blog telah membuatku belajar mengapresiasi setiap momen-momen kehidupan yang telah terjadi. Dan bagaikan seorang bestie, Blog ini telah membersamaiku mulai dari kegagalan membangun usaha, wisuda S-1, mendirikan komunitas sosial, melanjutkan studi S-2, menikah, mengunjungi berbagai negara, melahirkan hingga menulis 10 buku.

Dengan memiliki mindset ini, maka kita akan terpacu untuk menjadikan Blog sebagai media berbagi manfaat. Lantas, kita pun akan terus belajar bagaimana menulis yang baik sehingga harapannya teman-teman pembaca dapat memetik kebaikan dengan maksimal. Tak kalah pentingnya, mindset ini pun akan membuat kita tidak memusingkan jumlah followers, visitors maupun komentar di Blog kita. Karena ada beyond goals yang ingin kita raih yakni menjadi sebaik-baiknya manusia yang memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain.

Sebagai penyemangat, kita tidak akan pernah tahu di detik dan titik mana kita dapat menginspirasi maupun memberikan manfaat kepada orang lain. Maka percayalah, sesederhana apapun tulisan yang kita buat di Blog, insyallah dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Tidak harus sekarang juga, mungkin seminggu lagi, dua bulan kemudian atau bahkan tahun-tahun yang akan datang.

Aku pun pernah mengalami dan membuktikannya. Tulisanku mengenai kegagalan membangun bisnis, mendaftar beasiswa S-2, merintis gerakan kemanusiaan, proses ta'aruf hingga melahirkan di sebuah rumah sakit pun ternyata dibaca oleh seseorang yang sedang membutuhkan informasi tersebut. Tak langsung mendapat komentar dalam sekejap, bahkan ada yang berbilang tahun lamanya. Mereka mungkin bahagia karena mendapatkan informasi yang sedang mereka cari, dan aku pun jauh merasa lebih bahagia karena apa yang aku tuliskan dalam Blog dapat menjadi perpanjangan tangan yang menolong orang lain, alhamdulillah.

Selain menjadi tempat menumpahkan rasa, Blog juga bisa jadi lahan untuk mencari cuan. Teman-teman bisa mengikuti berbagai perlombaan Blog dengan bermacam-macam tema. Dengan usaha gigih yang kita tempuh untuk memantaskan kualitas tulisan, maka tenang saja pundi-pundi cuan itu pun akan berdatangan pada kita.

Sama seperti pengalamanku dalam dua tahun ini di mana aku mengikuti berbagai perlombaan Blog dan belajar untuk menyajikan artikel yang maksimal baik dari sisi konten maupun desain pendukungnya. Walau tak selalu menang, tapi aku tetap berusaha untuk terus maju dan tak disangka-sangka, aku pun mendapatkan apresiasi sebagai juara pertama di beberapa kompetisi Blog berskala nasional hingga baru-baru ini berhasil mendapatkan sebuah laptop canggih yang bernilai 17 juta, masyaallah.

Aku yang sekarang sibuk menjalani hari sebagai seorang istri dan ibu, lengkap dengan pekerjaan rumah tangga yang seabrek, merasa terharu atas apresiasi yang telah diberikan kepadaku. Maka dengan pengalaman ini, aku pun berjanji untuk menuliskan beberapa tip dan pengalaman khususnya untuk teman-teman yang sedang berjuang dalam berbagai kompetisi Blog. Tunggu ya.

Setelah terus-terusan berjibaku dengan Blog, aku pun terinspirasi untuk semakin melebarkan media sharing-ku ke dimensi yang berbeda lagi. Akhirnya di tengah gempuran pandemi COVID-19 yang semakin memuncak kala itu, aku bersama keluarga membuat sebuah channel YouTube yang bernama Araka Family pada Oktober 2021. Channel ini berisi empat playlist yakni Play and Learn (kegiatan bermain dan belajar bersama anak), Kepenulisan (sharing seputar pengalaman dalam dunia menulis), Sosial (berbagi cerita mengenai komunitas sosial yang kudirikan) dan Vlog (petualangan keluarga kami ke berbagai tempat).

Tak lain dan tak bukan, kami berdoa supaya channel ini semakin berkembang sehingga dapat menyebarkan manfaat untuk lebih banyak orang. Dan seiring berjalannya waktu, dengan feedback positif yang kami terima, membuat kami termotivasi untuk menghasilkan konten video dengan kualitas yang lebih baik lagi. Ah, senangnya. Akhirnya aku bisa sharing pengalaman menulis buku maupun pengalaman menjadi blogger di media yang lain.

Sejak tahun 2014, aku belum pernah sama sekali bergabung dengan komunitas blogger. Maka, di tahun ini aku bersyukur sekali bisa mengetahui bahkan bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia (BC) di mana komunitas ini memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Aku yang sekarang menjadi stay at home mom tidak insecure lagi karena aku berada di komunitas yang memahami kebutuhan aktualisasi diriku ini.

Setelah kepo-kepo Instagram dan website-nya, aku pun semakin takjub karena komunitas ini didirikan oleh sepasang suami istri yakni Mbak Wardah Fajri dan Mas Santo Rachmawan yang kemudian bersama Mbak Nesa mendaftarkan komunitas ini menjadi berbadan hukum. Mereka memiliki komitmen mulia untuk menjadikan komunitas ini tempat berkarya, berbagi pengetahuan dan meningkatkan kapabilitas blogger secara profesional.

Walau baru saja bergabung menjadi dengan BC, tapi aku bisa merasakan besarnya manfaat dari komunitas ini. Nyatanya bukan satu atau dua orang saja, mungkin sudah ribuan blogger yang semakin terasah kemampuannya dalam menulis berkat perantara BC. Selanjutnya, aku pun ingin merasakan hal yang sama seperti mereka.

Membaca artikel dari Ibu Tanti Amelia, kini aku pun jadi tahu beberapa kegiatan Bloggercrony, antara lain :

1.Monday2Follow

yaitu kegiatan saling follow akun Twitter di setiap hari Senin yang diinfokan pada akun Twitter @bloggercrony

2. BWTuesday

yaitu kegiatan untuk saling blogwalking secara sehat antara sesama blogger yang dilakukan di WA Group setiap hari Selasa.

3. W60

yaitu kegiatan mempromosikan akun Instagram blogger di grup Facebook setiap hari Rabu.

4. InspirasiKamis

yaitu kegiatan mempromosikan konten blog organik di Fanspage Bloggercrony Community pada setiap Kamis.

5. SundayVlog

yaitu kegiatan saling vlogwalking di group Facebook pada hari Jumat.

6. MarketDay

yaitu kegiatan jual beli produk lokal usaha teman-teman blogger pada hari Sabtu.

7. Updateblog

yaitu kegiatan rutin setiap hari untuk share link artikel para blogger di grup Facebook.

Acaranya insightful sekali bukan? Setelah kepo Instagram BC, ternyata kegiatan-kegiatan di atas dimutakhirkan lagi dengan kehadiran program keren lainnya seperti BloggerView, BloggerHangout, BloggerCare dan BloggerPreneur.

Belum lama ini juga ada acara Blogger Hangout ke 60 yang menghadirkan Pak Anwari Nai (Editor dan Dosen Bahasa Indonesia) yang dipandu oleh Mbak Wawa selaku founder Bloggercrony. Ah , andai aku tahu lebih dulu. Pasti aku tidak akan melewatkan acara super keren ini. Eh tapi kan nggak boleh ngomong seperti itu ya. Jadi tetap bersyukur aja. Insyallah masih banyak BloggerHangout selanjutnya yang bisa kuikuti yeay.

Selain itu, ada satu kegiatan yang menarik hatiku yakni BloggerCare, di mana sejauh yang aku baca, BC melakukan berbagai aksi sosial seperti campaign penggalangan dana hingga menyalurkan barang layak pakai untuk mereka yang membutuhkan.
Wah, kegiatan ini matching sekali dengan komunitas sosial yang kudirikan yakni Yasara Indonesia (YI) yang juga lahir di tahun yang sama dengan BC yakni di tahun 2015. Dengan kesamaan ini, aku pun berharap suatu saat nanti, YI dapat berkolaborasi dengan kegiatan BloggerCare untuk melaksanakan berbagai program-program sosial kemasyarakatan.

Oh iya, di tahun ini tepatnya pada 24 februari 2022, BC telah berusia 7 tahun. Acara puncak BC yang bernama Virtual BloggerDay 2022 pun telah sukses digelar dengan menghadirkan beragam pembicara yang super duper inspiratif. Dan setelah membaca flyer-nya, aku gagal fokus dengan banyaknya hadiah yang dibagikan. Apalagi merchandise BC itu lho, mupeng banget deh rasanya.

Telisik punya telisik, merchandise ini diproduksi oleh Cera Production. Cera Production sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi). Hingga usianya yang kini lebih dari 10 tahun, one stop shopping corporate gift ini telah dipercaya oleh lebih dari 350 perusahaan maupun instansi untuk memproduksi premium gift set, souvenir kantor, seminar kit kantor, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Waah, keren banget ya! Jadi semakin nggak sabar buat punya merchandise BC hihihi.

Finally, aku sampai di titik ini. Titik di mana aku terus memakai mantra ajaib dream big, start small, act now untuk berbagai impian hidup yang masih ingin kuraih. Berkat kata-kata ajaib itu pula, aku bersyukur karena telah mendapatkan banyak hal berharga dalam hidup. Salah satunya menjadi seorang penulis buku dan konten kreator yang gemar melakukan aksi-aksi sosial. Selain itu kini aku benar-benar #BanggaJadiBlogger dan tidak sabar untuk memasuki fase baru dalam hidupku yakni berpetualang, belajar dan berkolaborasi dengan para Blogger Indonesia melalui Bloggercrony. Harapannya, dengan ilmu, pengalaman dan jaringan yang kuterima dari Bloggercrony dapat kugunakan semaksimal mungkin sehingga aku dapat menolong dan menginspirasi lebih banyak orang di masa depan aamiin.

Sebagai penutup, jangan lupa follow akun medsos Instagram/Twitter @bloggercrony ya. Siapa tahu nantinya kamu juga ingin tumbuh bersama Bloggercrony dan mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman berharga lainnya. Overall, terima kasih banyak sudah berkenan membaca perjalananku menjadi seorang blogger, semoga ada manfaat yang dapat diambil oleh teman-teman pembaca. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya. Salam bergerak, berbagi, menginspirasi🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Kalau kamu gimana? Sudah jadi blogger atau baru memulai? Mau baca dong ceritamu😁

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan bijak!

 
Top